akhir slide show-->

TERTAWA ITU SEHAT

Orang tertawa karena mendengar atau melihat sesuatu yang lucu. Efeknya, orang tersebut bisa terhibur bahkan merasa bahagia. Dari sisi kesehatan, tertawa itu menyehatkan. Menurut penelitian, tertawa dapat meningkatkan harapan kesehatan jantung, meningkatkan harapan hidup serta mengurangi rasa sakit.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang periang lebih sehat daripada pemurung. Orang yang banyak tertawa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga lebih imun terhadap infeksi. Hal ini karena otak melepaskan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) yang memiliki efek mengurangi sakit dan menenangkan. Tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres, memperbaiki kerja otak dan meningkatkan fleksibilitas

Tertawa adalah salah satu ketrampilan hebat manusia yang tidak dimiliki hewan. Dengan tertawa, anda membuat perspektif baru terhadap diri sendiri. Masalah besar yang menumpuk tiba-tiba menjadi lebih kecil. Dengan memandang masalahnya dari kacamata yang positif maka anda lebih dapat menemukan solusinya karena pikiran anda tidak lagi tertekan. Yang lebih penting dari semuanya, tertawa itu gratis dan tidak memiliki efek samping.

- 7 Alasan Yang Mendukung Tertawa Itu Sehat :

1. Tertawa terbahak-bahak selama 1 menit sama dengan 10 menit aerobik, 10 menit mengayuh sepeda. Sama-sama mengucurkan banyak keringat karena merangsang jantung dan peredaran darah. Tertawa terbahak-bahak selama 20 detik punya efek sama dengan 3 menit mendayung dan jogging.

2. Sekitar 80 otot digunakan ketika kita tertawa sempurna sampai terpingkal-pingkal. Usai tertawa, tekanan darah dan kekebalan tubuh meningkat. Endhorphin sebagai "obat penenang alami" yang diproduksi otak melahirkan rasa nyaman.

3. Tidak ada yang selalu tertawa,hanya mereka lebih mudah tertawa. Eupharia namanya.

4. Belum pernah ada kejadian yang tertawa tidak bisa menutup mulutnya kembali. Lain halnya dengan membuka mulut lebar-lebar, itu buka tertawa.

5. Makin dewasa, orang makin perlu tertawa

6. Orang yang berpenyakit jantung umumnya kurang tertawa, menurut peneliti sebuah Universitas di Baltimore.

7. Penyembuhan dengan humor alat badut (dengan hidung merah) hingga kini masih banyak digunakan. Karena terbukti ampuh mendukung kesembuhan para pasiennya.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas