akhir slide show-->

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

Rabu, 21 Agustus 2013

Administrator

Pelayanan

Dibaca: 4482 kali

Berdasarkan Undang-undangRepublik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Kewajiban pasien sesuai pasal 31 :

  1. Setiap Pasien mempunyai kewajiban terhadap Rumah Sakit atas pelayanan yang diterimanya.
  2. Ketentuan lebih lanjut mengenai kewajiban pasien diatur dengan Peraturan Menteri
  • Membayar biaya perawatan
  • Mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di Rumah Sakit
  • Menjaga hubungan baik sesama pengguna jasa Rumah Sakit
  • Mematuhi segala instruksi dokter dan perawat dalam pengobatan
  • Memberikan informasi dengan jujur dan selengkapnya tentang penyakit yang diderita kepada dokter yang merawat
  • Memenuhi hal-hal yang telah disepakati/perjanjian yang telah dibuatnya

Hak Pasien sesuai pasal 32 :

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit
  2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
  3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi
  4. Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
  5. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi
  6. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapat
  7. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit
  8. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain mempunyai Surat Ijin Praktek (SIP) baik di dalam maupun di luar Rumah Sakit
  9. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
  10. Mendapat informasi yang meliputi diagnosa dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan
  11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya
  12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis
  13. menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama tidak mengganggu pasien lainnya
  14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit
  15. Mengajukan usul, saran perbaikan atas perlakuan Rumah Sakit terhadap dirinya
  16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya
  17. Menggugat dan/atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata maupun pidana
  18. Mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai dengan standar pelaynan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas