HARI GINJAL SEDUNIA 2023

Peringatan Hari Ginjal Sedunia jatuh pada tanggal 9 Maret 2023. Hari Ginjal Sedunia pertama kali diusungkan pada tahun 2006 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ginjal, pengobatan, dan dampak ginjal terhadap kesehatan.

Hari Ginjal Sedunia 2023 mengangkat tema ‘Kidney Health for All: Preparing for the unexpected, supporting the vulnerable!’ Tema ini diusung untuk menyoroti pentingnya mempersiapkan rencana kesiapsiagaan darurat untuk para penyintas penyakit ginjal.

Dilansir dari Kementrian Kesehatan, untuk menghindari penyakit ginjal, perlu diterapkan pola hidup sehat dan berperilaku “CERDIK”, yaitu:

C: Cek atau periksa kesehatan secara berkala

E: Enyahkan asap rokok. Baik perokok pasif maupun perokok aktif sama-sama berisiko untuk mengalami penyakit jantung paru yang dapat menyebabkan beban ginjal yang semakin meningkat

R: Rajin aktivitas fisik. Lakukan olahraga yang terukur dan terjadwal minimal 15 menit per hari atau 90 menit semiggu

D: Diet sehat dengan kalori yang seimbang. Mengonsumsi sumber nutrisi yang seimbang dan membatasi konsumsi makanan instan, tinggi garam, gula dan minyak. Dengan mengatur pola makan juga dapat menjaga berat badan yang ideal.

I: Istirahat yang cukup. Minimal 6-8 jam sehari

K: Kelola stres. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan inflamasi yang berlangsung kronik.

Yuk bersama-sama terapkan pola hidup sehat dan perilaku CERDIK untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

Selamat Hari Ginjal Sedunia
9 Maret 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *