5 TIPS SAHUR SEHAT AGAR TUBUH TIDAK LEMAS SELAMA BERPUASA

Tubuh memerlukan asupan energi yang cukup agar tidak mudah lemas saat berpuasa di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh saat sahur, berikut 5 tips sahur sehat yang bisa #sahabatsehatsetjonegoro coba saat di rumah.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
    Asupan karbohidrat sangat dibutuhkan dalam menu sahur sehat sebagai sumber energi. Namun tak selalu nasi putih yang harus menjadi sumber karbohidrat. Nasi merah, roti gandum, oatmeal dan sereal adalah sumber karbohidrat yang tepat
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
    Mengonsumsi sayuran harus dilakukan saat menikmati makanan sahur. Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga kaya akan kandungan serat yang bersifat mengenyangkan sehingga cocok dikonsumsi saat berpuasa karena akan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
  3. Jangan lupa asupan protein
    Protein sangat diperlukan tubuh saat berpuasa karena bisa berperan sebagai cadangan energi. Daging ayam, ikan, sapi, telur, ikan, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik
  4. Hindari makanan pedas dan bersantan
    Makanan pedas dan bersantan bisa mengiritasi lambung, perut kembung, menyebabkan gangguan pencernaan, hingga memicu produksi asam lambung sehingga menimbulkan penyakit maag. Makanan pedas dan bersantan sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur, karena makanan tersebut sulit dicerna dengan dengan baik dan sempurna.
  5. Asupan cairan yang cukup
    Pastikan #sahabatsehatsetjonegoro mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi meski puasa seharian. Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

Nah #sahabatsehatsetjonegoro, itulah 5 tips sahur sehat yang bisa dicoba untuk menjaga agar tubuh kita tidak lemas selama berpuasa.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *