Peringatan Hari Thalassemia Sedunia 8 Mei 2023

Hari Thalassemia Sedunia atau World Thalasemia Day diperingati tiap 8 Mei. Tahun 2023 ini, peringatan Hari Talasemia Sedunia mengusung tema ‘Be aware, share, care : Strengthening education to bridge the Thalassemia Care Gap’ atau pentingnya edukasi untuk mengenali dan memperkecil kesenjangan penanganan Thalassemia.

Thalasemia merupakan kelainan darah yang diturunan yang disebabkan oleh kelainan hemoglobin (akibat ketidakmampuan sumsum tulang membentuk protein yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin) yang menyebabkan kerusakan pada sel darah merah sehingga penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Jenis Thalassemia berdasarkan klasifikasi klinisnya dapat dibagi menjadi :
– Thalassemia mayor, pasien yang memerlukan transfusi darah secara rutin seumur hidup.
– Thalassemia intermedia pasien yang membutuhkan transfusi darah, tetapi tidak rutin.
– Thalassemia minor/trait/pembawa sifat: Secara klinis tampak sehat sama dengan orang normal, tidak bergejala dan tidak butuh transfusi darah.

Ada beberapa pencagahan yang dapat dilakukan untuk penanganan yang lebih tepat pada penderita thalassemia, diantaranya adalah :
Pencegahan pertama, yang perlu dilakukan adalah dengan menyebarluaskan informasi tentang Thalassemia baik ke keluarga, teman sebaya, sanak saudara dan masyarakat umum lainnya baik secara langsung maupun dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial ke orang lain.
Pencegahan berikutnya yaitu dengan cara Deteksi dini kasus Thalassemia mayor dan intermedia melalui kegiatan pemeriksaan klinis dan darah pada pasien yang dicurigai menderita thalesemia. Sehingga jika terkonfirmasi dengan hasil deteksi dini tersebut, dapat dilakukan upaya penanganan penderita thalassemia sesuai rekomendasi dari tenaga kesehatan

Selamat Memperingati Hari Thalassemia Sedunia
8 Mei 2023
Be aware, share, care : Strengthening education to bridge the Thalassemia Care Gap

#rsudwonosobo#sehatbersamasetjonegoro#wonosobo#thalassemia#harithalassemiasedunia#stopthalassemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *