5 TIPS AKTIF DAN SEHAT SELAMA BERPUASA

Halo #sahabatsehatsetjonegoro. Bulan Ramadan telah tiba. Selama lebih dari 12 jam, tubuh tidak menerima asupan baik makanan maupun minuman. Sehingga tidak jarang, tubuh terasa kurang berenergi, sulit berkonsentrasi, dan mengantuk. Padahal ada sejumlah aktivitas yang harus tetap dijalankan dengan baik. Berikut 5 tips aktif dan sehat selama berpuasa

1. Menjaga pola makan sahur yang baik
Disarankan perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

2. Menjaga pola makan saat berbuka
Sering kali ketika tiba saat berbuka, seseorang akan langsung mengkonsumsi makanan yang banyak. Hal ini tidak dibenarkan. Mengonsumsi makanan yang banyak sekaligus akan menyebabkan perut menjadi sesak. Disarankan untuk mengonsumsi makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

3. Menjaga pola makan malam
Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu, hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Makanlah makanan bergizi dan perbanyak konsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan air harian.

4. Lakukan aktivitas fisik
Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. #sahabatsehatsetjonegoro dapat melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau jogging di sore hari selama minimal 30 menit. Aktivitas fisik dapat membantu tubuh tetap bertenaga.

5. Menjaga pola tidur
Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur larut malam. Setelah menjalankan ibadah malam hari dan melakukan aktivitas yang penting, #sahabatsehatsetjonegoro disarankan memaksimalkan waktu tidur agar tidak mengantuk di siang hari.

Itulah 5 tips aktif dan sehat selama berpuasa yang dapat #sahabatsehatsetjonegoro lakukan agar puasa kalian tetap berenergi dan dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik.

#rsudwonosobo#sehatbersamasetjonegoro#wonosobo#tips#puasa#ramadhan#puasasehat#puasaberkah

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *